ArticleExport & Import  Aturan Baru Pengawasan Barang Impor dari Border ke Post Border
Senin, 12 Februari 2018
Export & Import
Aturan Baru Pengawasan Barang Impor dari Border ke Post Border
by: Sutomo Asngadi, SS, MM
Foto Aturan Baru Pengawasan Barang Impor dari Border ke Post Border

Dalam rangka mempercepat proses pengeluaran barang, pemerintah telah melakukan perubahan pengawasan barang dari Border di Kawasan Pabean menjadi Post Border di luar Kawasan Pabean. Aturan ini berlaku mulai 1 Februari.

Barang-barang yang beralih pengawasan dari Border ke Post Border adalah 21 komoditas; diantaranya, pelumas, mutiara, produk tertentu, kaca lembaran, barang berbasis sistem pendingn, barang modal tidak bagi, intan kasar, hewan dan produk hewan, semen clinker dan semen, produk holtikultura, bahan baku plastik hingga ban.

Pemeriksaan border dilakukan oleh petugas bea cukai dengan menyertakan dokumen kepabeannya. Sementara komoditas yang dimasukan ke post border diperiksa oleh kementerian dan lembaga terkait. Proses pengawasan Pos border tidak menghilangkan persyaratan impor. Pengawasan yang sebelumnya dilakukan oleh Bea Cukai, setelah digeser ke post border maka pengawasan dilakukan oleh kementerian dan lembaga terkait,

Untuk komoditas yang akan diperiksa melalui post border, pengusaha wajib melakukan pendaftaran self declaration melalui layanan perijinan di bidang perdagangan secara elektronik yakni Inatrade Kemendag. Setelah mendaftar dan memasukkan dokumen yang diminta, importir baru diperbolehkan mendistribusikan barangnya.

Profil Penulis

Silahkan login untuk mengirim komentar/pertanyaan

List Komentar : 0
indobokep borneowebhosting video bokep indonesia videongentot bokeper entotin bokepsmu videomesum bokepindonesia informasiku