EventsHuman Resource  Implementasi Knowledge Management di dalam Perusahaan

Implementasi Knowledge Management di dalam Perusahaan

Kamis - Selasa, 27 - 18 September 2018, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Hotel di Jakarta Selatan, Jakarta
Bonus : Souvenir dan Flashdisk


Deskripsi:

Perubahan yang terjadi di dalam era pengetahuan sekarang ini memiliki ciri-ciri khusus seperti sulit diduga, mengejutkan, kompleks, diskontinu, dan memicu timbulnya berbagai dinamika dan konflik di dalam perusahaan/organisasi. Kita akan selalu menghadapi tantangan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Situasi persaingan semakin menunjukkan intensitasnya dan tidak pernah berhenti serta akan terus menjadi bagian tidak terpisahkan dari dunia bisnis.

Inovasi menjadi sebuah keniscayaan mandatoris bagi semua perusahaan agar terus eksis di tengah persaingannya. Sebagaimana di dalam produk smartphone, dimana Nokia sebelumnya begitu berjaya, siapa kira sekarang posisinya terbanting begitu cepat di Indonesia. Inovasi agresif dan massif yang dilakukan oleh para pesaingnya telah membuat eksistensi Nokia menjadi cepat rapuh dalam persaingan smartphone yang sangat dinamis.

Inovasi akan tumbuh dan berkembang secara efektif serta membuahkan hasil produktivitas yang unggul bila ditopang sistem atau mekanisme pengetahuan yang memadai. Disinilah kita mengenal konsep yang sering disebut sebagai manajemen pengetahuan (knowledge management). Secara umum manajemen pengetahuan dipahami sebagai kerangka sistem atau proses yang memampukan penciptaan, pengelolaan dan penerapan pengetahuan demi tumbuhnya beragam inovasi dari semua anggota organisasi yang berkarakter sebagai pekerja berpengetahuan (knowledge worker).

Peran dan fungsi dari manajemen pengetahuan adalah mendayagunakan pengetahuan organisasional (tacit and explicit knowledge) yang dimilikinya untuk terus dapat dipelihara, dikembangkan, dan diterapkan untuk menghasilkan kreasi-kreasi inovatif dan kompetitif dalam rangka upaya memenangkan pasar. Perusahaan yang berhasil mengelola pengetahuannya dengan baik akan mampu menerobos persaingan pasarnya dan tetap eksis, sedangkan yang lamban mengantisipasi dan mengakuisisi pengetahuan yang paling up date akan mudah terjatuh di dalam posisi persaingannya.

Salah satu kisah klasik yang sangat dikenal adalah keberhasilan Teh Botol Sosro, yang dibangun dengan sejarah panjang para pendirinya tentang cara meracik teh dengan aroma dan rasa yang pas, yang terakumulasi dalam tacit knowledge yang sulit untuk direplikasi, telah menempatkan teh botol sosro sebagai pelengkap semua makanan dengan tagline "apapun makanannya, minumnya selalu teh sosro". Sementara di kasus lain, keberhasilan pengelolaan manajemen pengetahuan dapat juga dilakukan dengan model "instant knowledge acquisition" dengan cara mengakuisisi atau mencaplok perusahaan lain yang memiliki basis pengetahuan yang unggul, seperti dalam kasus PeopleSoft yang diakuisisi oleh Oracle dan Kecap Bango yang dicaplok oleh Unilever.

Tujuan Pelatihan:

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan:

  • Mampu dan efektif untuk menjalankan tugasnya dengan pengetahuan tacit dan explicit-nya serta berkomitmen untuk selalu sharing dengan kelompok kerja/anggota organisasi lainnya.
  • Memahami secara jelas konsep pengetahuan, proses pengembangan pengetahuan: creation, acquisition, representation, dissemination, use and re-use, serta manajemennya dan arti penting pengelolaan pengetahuan di dalam organisasi
  • Mampu menerapkan dan menggunakan manajemen pengetahuan secara efektif di dalam organisasi beserta hambatan-hambatan yang dihadapinya.
  • Mampu mengelola dan mengintegrasikan berbagai komponen dan fungsi dari berbagai sistem pengetahuan di dalam organisasi
  • Mampu dan siap untuk mengeksplorasi potensi pengembangan, engineering dan transfer pengetahuan serta dalam konteks organisasi, representasi dan pertukaran pengetahuan.
  • Mampu secara kritikal dalam mengevaluasi trend terkini dalam manajemen pengetahuan dan manifestasinya secara inovatif di dalam bisnis dan industri.

Materi Training:

  • What is Knowledge Management
  • Conceptual Foundations of Knowledge: Tacit and Explicit Knowledge
  • The Model of Knowledge and Knowledge Management
  • The Networked Knowledge Economy and The Knowledge-based Enterprise
  • Knowledge Worker: Managing Human Capital
  • Designing Knowledge Management System
  • Implementing Knowledge Management System
  • Using Knowledge Management System: Process, Barriers, and Facilitators

Metode Training:

Presentasi, diskusi, latihan dan case study

Durasi Training:

Dua (2) Hari

Biaya per peserta : Rp 4.000.000,-
Facilities : Full AC Room with Proyektor/LCD, Lunch / day, 2x Coffee break / day, Certificate, Training Modules, Softcopy Module & Training Kit

Course Leader :

Silahkan login untuk mengirim komentar

List Komentar : 0

Implementasi Knowledge Management di dalam Perusahaan

Schedule
Events Human Resource:

Negotation Technique

Jakarta, 23 - 24 Oktober 2018 134 clicks

Conflict Resolution

Jakarta, 25 - 26 Oktober 2018 105 clicks

General Affair Development Program

Jakarta, 25 - 26 Oktober 2018 124 clicks

HR Management for non HR Executives

Jakarta, 25 - 26 Oktober 2018 106 clicks

Human Resources Ethics

Jakarta, 29 - 30 Oktober 2018 102 clicks
Training Service
Public Training
Rose
rose@tds-solution.com
HP & WA : 0813 8201 2413

Sumi
sumi@tds-solution.com
HP & WA : 0812 1311 0749

Telp.:
021-78847514
021-78847549

Stats

indobokep borneowebhosting video bokep indonesia videongentot bokeper entotin bokepsmu videomesum bokepindonesia informasiku