EventsHuman Resource  Perancangan Kompetensi Jabatan

Perancangan Kompetensi Jabatan

Rabu - Kamis, 3 - 4 Juni 2020, pukul 09:00 - 16:30 WIB
Hotel di Jakarta Selatan, Jakarta
Bonus : Souvenir dan Flashdisk

Pendahuluan

Optimalisasi organisasi dipengaruhi oleh peran manajemen SDM dalam pencapaian efektifitas dan pencapaian kinerja. Peran fungsional manajemen SDM, menurut Mathis dan Jackson (2000) berfokus pada tiga pilar fungsi yaitu produktivitas, kualitas dan pelayanan.

Produktivitas berkaitan dangan peran efektif tenaga kerja dalam pencapaian output kerja. Kualitas berkaitan dengan barang atau jasa yang dihasilkan untuk jangka panjang. Pelayanan berkaitan dengan proses pemenuhan tujuan bisnis untuk perkembangan jangka panjang.Orientasi pelayanan mengarah pada kepuasan konsumen maupun pelanggan. Kompetensi menjadi unsur penting dalam konsep pengembangan SDM.

Kompetensi berkaitan dengan pengetahuan, ketrampilan serta perilaku apa yang perlu dimiliki oleh karyawan di masing-masing jabatannya. Idealnya pada masing-masing level jabatan didalam organisasi harus memiliki standar kompetensi. Hal tersebut tentu akan membantu peran fungsi dari pengembangan SDM yang terarah dalam peningkatan performa organisasi.

Mathis dan Jackson (2000) menuliskan bahwa salah satu faktor penting dalam sistem manajemen sumber daya manusia agar dapat membangun sistem yang sesuai untuk mencapai kinerja perusahaan, dibutuhkan kompetensi utama jabatan dan karyawannya. Kompetensi didefenisikan sebagai karakteristik yang mendasari seseorang dan berkaitan dengan efektifitas kinerja individu dalam pekerjaannya (Spencer dan Spencer, 1993).

Sistem kompetensi adalah sebagai alat penentu untuk memprediksikan keberhasilan kerja seseorang pada suatu jabatan. Sistem Manajemen SDM berbasis kompetensi dikenal dengan istilah Competency Based Human Resources Management (CBHRM). CBHRM adalah sistem pengelolaan dan pengembangan SDM berbasis kompetensi. (Ulrich, 1997) Sistem ini ini mengintegrasikan pilar-pilar kunci dalam proses manajemen SDM, mulai dari proses seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, pengembangan karir, sistem promosi, suksesi jabatan dan sistem kompensasi.

Tujuan

  • Peserta mampu melakukan perancangan sistem kompetensi jabatan berupa model, matrik, standar dan kamus kompetensi sesuai dengan kebutuhan organisasi.
  • Peserta melakukan perancangan aplikatif dalam penselarasan sistem manajemen SDM yang berbasis kompetensi untuk pengembangan SDM.
  • Peserta melakukan perancangan system kompetensi yang dapat diaplikasikan langsung didalam perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan.

Materi

  1. Introduce Competencies Based Human Resources Management (CBHRMS)
  2. Human Competencies and Organizational Development
  3. Basic Theory Compentencies
  4. Method and Design Competency
  5. How to Create Competencies (process and implementation)
  6. The Scale of Competencies
  7. The Competencies Model
Biaya :
Rp 4.500.000,-/peserta

Rp 4.350.000,-/peserta (Group 2 orang)
Rp 4.200.000,-/peserta (Group min. 3 orang)

Facilities : Full AC Room with Proyektor/LCD, Lunch / day, 2x Coffee break / day, Certificate, Training Modules, Softcopy Module & Training Kit

Course Leader :


Perancangan Kompetensi Jabatan

Schedule
Events Human Resource:

Strategy Human Capital Management

Jakarta, 7 - 8 Juni 2020 72 clicks

Strategy Managing Organization

Jakarta, 7 - 8 Juni 2020 61 clicks

Strategy Managing Risks

Jakarta, 7 - 8 Juni 2020 83 clicks

Customer Service Satisfaction

Jakarta, 8 - 9 Juni 2020 78 clicks
Training Service

Rose
rose@tds-solution.com
HP & WA : 0813 8201 2413

Zulfa
trainingservice01@tds-solution.com
HP & WA : 0857 7331 5631

Telp.: 021-2780 6606

Stats